Peningkatan Daya Saing Produk melalui Matchmaking UMK dan UMB


Guna meningkatkan nilai tambah daerah dan daya saing produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal menggelar kegiatan Temu Bisnis antara  pelaku Usaha Menengah Besar (UMB) dan Usaha Mikro Kecil (UMK) di Kota Tegal.

Acara tersebut berlangsung di Ruang Adipura Pemerintahan Kota Tegal pada Senin pagi (30/4), dengan mengundang narasumber Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Drs. Sinoeng N. Rachmadi, MM. (beliau pernah menjadi Plt. Bupati Tegal) dan Pemilik PT. Dedy Jaya Lambang Perkasa (Dr. Hc. H. Muhadi Setiabudi).

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam  pembangunan  ekonomi  nasional. Sebab, selain memberi kontribusi  terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, juga dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar. Kreativitas dan inovasi  akan meningkatkan  daya  saing UMKM  yang mampu menekan  biaya  produksi serendah  mungkin. Karena itu, dengan diadakannya temu usaha ini diharapkan dapat menjadi media bagi para pelaku UMKM untuk mengetahui cara membangun  kreativitas  dan  inovasi sehingga menciptakan  keunggulan  produk yang berkelanjutan.

Dalam sambutannya Walikota Tegal H. Dedy Yon Supriyono, SE, MM yang diwakili PJ. Sekda Kota Tegal bapak Praptomo Wr, SH. Mengatakan “Saya mengharapkan melalui berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, akan terwujud usaha untuk mendukung UMKM yang berdaya saing dan menjadi tulang punggung perekonomian rakyat. Pemerintah kota Tegal berupaya memberdayakan usaha mikro kecil menengah dengan memberikan perhatian yang cukup besar agar dapat berkembang lebih kompetitif”.

Di acara tersebut, bapak Sinoeng memaparkan materi tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif dan Inovatif dari arah kebijakan hingga strategi. Sedangkan bapak Muhadi Setiabudi yang merupakan Ayah Kandung Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono, bercerita tentang cerita suksesnya bisa membangun berbagai bidang usahanya.

 

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal?

  • Hari Ini (1 Kunjungan)
  • Kemarin (45 Kunjungan)
  • Total (47346 Kunjungan)

  • Devi Kartikasari