Pelaksanaan Sosialisasi LKPM Kota Tegal


Sosialisasi Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) baru-baru ini digelar oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Tegal di Rumah Makan Tempo Doloe (15/11/16). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 50 perusahaan dari berbagai usaha.  Sosialisasi yang dipimpin oleh Bapak Kepala Bidang Pengendalian dan Pengembangan Penanaman Modal Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Kota Tegal, Bapak Joko Windiarto, SH menarik antusiasme peserta dari kalangan perusahaan. Perusahaan diberikan kesempatan untuk berkeluh kesah terhadap permasalahan yang dihadapi dalam melakukan usaha di Kota Tegal.   

 

Salah satu tugas BP2T berdasarkan Perka BKPM No. 3 Tahun 2012 terdiri dari pemantauan, pembinaan dan pengawasan. Pemantauan adalah kegiatan yang dilakukan untuk memantau dan mengevaluasi perkembangan pelaksanaan penanaman modal yang telah mendapat perizinan penanaman modal; Pembinaan adalah kegiatan bimbingan kepada penanam modal untuk merealisasikan penanaman modalnya. Pengawasan adalah upaya atau kegiatan yang dilakukan guna mencegah dan mengurangi penyimpangan terhadap ketentuan pelaksanaan penanaman modal dan penggunaan fasilitas penanaman modal. Pembinaan juga meliputi fasilitasi penyelesaian masalah/hambatan atas pelaksanaan kegiatan penanaman modal.
 

Laporan LKPM oleh perusahaan dilakukan sebanyak dua kali setahun yakni pada bulan Januari dan bulan Juli. Manfaat LKPM bagi pemerintah yakni sebagai alat pengendalian dan legalitas usaha, penghitungan realisasi investasi,dan feedback pengambilan kebijakan Pemerintah. Sedangkan bagi pengusaha bermanfaat sebagai laporan kondisi riil investasi, perijinan dan produksi perusahaan serta untuk pengurusan izin – izin selanjutnya seperti Izin Perluasan dan  Izin Usaha Tetap. Dengan membuat laporan secara berkala, Pemerintah dapat memantau dan mengawasi perkembangan penanaman modal sehingga apabila  ada kendala dapat dilakukan pembinaan.

 

 

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal?

  • Hari Ini (51 Kunjungan)
  • Kemarin (83 Kunjungan)
  • Total (44231 Kunjungan)

  • Devi Kartikasari