Pelindo III Kembangkan Sentra Industri Perikanan di Tegal


SURABAYA, suaramerdeka.com - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) berencana membangun sentra industri perikanan seluas 25 hektare di wilayah Tegal.

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan, pusat industri tersebut akan dilengkapi sejumlah fasilitas seperti dermaga dengan kedalaman kolam mencapai -7 meter LWS (low water spring), gudang pendingin, sistem pengolahan limbah, dan tempat pelelangan ikan.

Rencananya, pembangunan sentra industri perikanan tersebut akan dilakukan bersama pemerintah kota Tegal.

“Tim kami sudah melakukan beberapa studi banding seperti ke Pelabuhan Nizam Zachman Jakarta, Pelabuhan Benoa Bali, dan Pelabuhan Perikanan Samudera Bitung. Kami sedang mencari konsep pelabuhan dan sentra industri perikanan yang pas untuk diterapkan di Tegal,” ucapnya.

Proses kajian dan diskusi juga dilakukan oleh Pelindo III dengan melibatkan pihak terkait. Beberapa di antaranya Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan (Ditjen P2HP) Kementerian Kelautan dan Perikanan RI (KKP), Balitbang KKP, Bappeda Kota Tegal dan Dinas Perhubungan Kota Tegal.

“April nanti, konsep pembangunan akan kami paparkan di hadapan Menteri BUMN, Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Maritim, dan Menteri Perhubungan,” ungkapnya, dalam rilis pers Humas Pelindo, Senin (30/3).

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto menambahkan pembangunan sentra industri perikanan dilakukan tak jauh dari lokasi Pelabuhan Tegal yang dikelola oleh Pelindo III.

Banyaknya kapal-kapal nelayan yang memilih untuk merapat di Pelabuhan Tegal merupakan salah satu alasan bagi Pelindo III untuk mengembangkan sentra industri perikanan di kawasan tersebut.

(Linda Putri/ CN33)

[Download Gambar]

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal?

  • Hari Ini (45 Kunjungan)
  • Kemarin (34 Kunjungan)
  • Total (47345 Kunjungan)

  • Devi Kartikasari