Urus IUMK hanya dengan E-KTP


IUMK adalah tanda legalitas kepada seseorang atau pelaku usaha/kegiatan tertentu dalam bentuk izin usaha mikro dan kecil dalam bentuk naskah satu lembar. IUMK diiharapkan dapat memberikan kepastian hukum dan menjadi sarana pemberdayaan bagi pelaku usaha mikro dan kecil dalam mengembangkan usahanya.

Usaha mikro dan kecil yang dimaksud adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil yang diatur dalam UU No.20/2008.

Kriteria usaha mikro dalam UU No.20/2008 adalah:

  • Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah), tidak termasuk tanah dan bangunan ; atau
  • Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp 300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah)

                                                                                                                                        

Kini mengurus Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) dapat dilakukan dimana saja. Pelaku UKM dapat mengurus dari rumah secara digital ataupun melalui pendampingan petugas di kantor DPMPTSP Kota Tegal. Pelaku UKM hanya diminta mengisi informasi pribadi serta Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera pada Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP). Setelah mengisi informasi yang tertera di aplikasi OSS pemohon dapat mencetak dimana saja.

Pemohon dapat membuka link http://www.oss.go.id/oss dan mengikuti langkah-langkah pada website tersebut atau apabila menemukan kendala dapat menghubungi petugas di kantor DPMPTSP Kota Tegal.

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal?

  • Hari Ini (26 Kunjungan)
  • Kemarin (46 Kunjungan)
  • Total (28492 Kunjungan)

  • Devi Kartikasari