Survei Kepuasan Masyarakat DPMPTSP Kota Tegal Semester II Tahun 2019


Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Pemerintah memiliki kewajiban untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas - asas umum pemerintahan yang baik, serta untuk memberikan perlindungan bagi setiap warga negara dan penduduk dari penyalahgunaan wewenang dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang berkaitan dengan kebutuhan dasar masyarakat.

Atas dasar definisi itu pula maka berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dalam rangka upaya peningkatan kualitas pelayanan publik tersebut maka perlu diketahuinya Nilai Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat kualitas pelayanan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.

Oleh karena itu, Pada tahun 2019 DPMPTSP Kota Tegal melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat sebanyak 2 (dua) kali pada semester I (Periode Januari-Juni) dan semester II (Periode Juli-Desember). Pada semester II Tahun 2019, berdasarkan data pelanggan yang mengurus perizinan dengan responden yang dipilih secara acak maka disepakati bahwa jumlah responden yang akan dilakukan uji kepuasan terhadap pelayanan sebesar 50 responden di tiap bulannya.

Berdasarkan pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal pada Semester II tahun 2019 periode Juli –Desember 2019 dapat disimpulkan bahwa secara umum kualitas pelayanan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal telah dinilai Baik oleh pengguna layanannya. Hal ini terlihat dari Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang diperoleh yaitu 86,44 berkisar di antara 76,61-88,30 dimana hasil tersebut masih berada pada kategori atau rentang nilai baik.

Unsur pelayanan yang dianggap paling memuaskan adalah pada poin penanganan pengaduan, saran dan masukan pelayanan dengan NRR sebesar 3,91 sedangkan pada poin terendah adalah nilai rata-rata 3,21 mengenai kecepatan pelaksanaan.

Hasil Survei Kepuasan Masyarakat dapat mengukur kepuasan masyarakat selaku penerima layanan publik di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal sehingga sebagai feedback dari Survei tersebut dapat dilaksanakan upaya untuk mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah ada  serta meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan DPMPTSP Kota Tegal terutama pada waktu pelayanan dalam menerbitkan izin sesuai dengan standard pelayanan.

Menurut Saudara bagaimana kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tegal?

  • Hari Ini (26 Kunjungan)
  • Kemarin (46 Kunjungan)
  • Total (28492 Kunjungan)

  • Devi Kartikasari